Serigala atau Siberian Husky?

Ternyata yang namanya  Serigala sama Siberian Husky itu berbeda walaupun mereka agak mirip (n_n)..


Serigala (Wolf)

Nah... Kalau Serigala itu, nama latinnya Canis lupus atau bisa juga disebut Serigala abu-abu (Gray Wolf / Grey Wolf). Serigala merupakan hewan karnivora yang memiliki bentuk fisik seperti anjing. Serigala dan anjing (Canis lupus familiaris) memang memiliki nenek moyang yang sama. Serigala juga berkerabat dengan dingo (Canis lupus dingo), sejenis anjing liar yang menghuni Benua Australia.

Grey Wolf

Habitat

Grey Wolf bisa hidup di berbagai tempat, selama makanan cukup tersedia dan beriklim relatif dingin. Salah satu habitat paling cocok bagi Grey Wolf adalah Taiga Siberia yang merupakan hutan boreal dengan musim dingin yang panjang dan musim panas yang singkat. Wilayah ini berada di Rusia bagian utara. Grey Wolf paling banyak dijumpai di tempat ini.

Ciri Fisik
Grey Wolf merupakan spesies terbesar dari keluarga Canine (anjing) liar. 
Jika diukur dari bahu, tingginya sekitar 90 cm. Sementara panjang tubuhnya antara 90 hingga 150 cm jika diukur dari hidung hingga ujung ekor. Sementara itu, berat Grey Wolf berkisar antara 20-88 kilogram. 
Grey Wolf
Serigala jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada serigala betina. Grey Wolf memiliki kaki panjang dengan cakar besar. Ekornya panjang dan berbulu lebat. Dan memiliki telinga runcing dan mata cokelat kekuningan. Meskipun namanya Grey Wolf , warna bulunya bervariasi, kelabu, cokelat, putih, atau hitam, tetapi di Eropa serigala berbulu cokelat kelabu.
Grey Wolf memiliki beberapa cara khusus untuk beradaptasi. Bulu tebal mereka bisa menahan panas dan menjaga kelembaban. Cakar serigala yang besar memiliki semacam bantalan dan kuku yang dapat ditarik. Cakar tersebut dapat dilebarkan sehingga gerakan serigala di atas salju lebih stabil.


Wolf


Indera pendengaran serigala dua puluh kali lebih kuat dibandingkan manusia, sedangkan indera penciumannya lebih tajam seratus kali. Rahang serigala sangat kuat. Kekuatan tekanannya lebih dari 250 kilogram per inci. Penglihatan serigala juga sangat tajam dan sensitif terhadap setiap gerakan. 
Serigala memiliki retina reflektif yang disebut tapetumTapetum dapat meningkatkan kemampuan penglihatan di malam hari. Namun, serigala buta warna.
Stamina serigala sangat kuat. Serigala dapat menjelajah jarak lebih dari delapan belas mil dengan langkah cepat. Kecepatannya bisa mencapai 40 mil per jam.

Perkembangbiakan
Serigala dapat hidup hingga usia 17 tahun. Serigala betina mencapai usia dewasa seksual saat berumur satu tahun, sedangkan serigala jantan saat berumur dua tahun. Serigala biasanya mengalami musim kawin satu kali dalam setahun, yakni antara Januari dan Maret.
Serigala betina mengandung anaknya selama 63 hari. Serigala biasanya melahirkan di sarangnya, yaitu di ceruk-ceruk batu atau lubang-lubang di tanah. Bayi serigala yang baru dilahirkan jumlahnya antara 5 hingga 6 ekor. Berat bayi serigala sekitar 500 gram. Anak-anak serigala akan tinggal di sarangnya selama 8 minggu sebelum mereka disapih. Selama itu serigala-serigala lain akan membawakan makanan untuk sang induk yang baru melahirkan.

Kelompok Serigala
Serigala merupakan binatang sosial. Mereka hidup berkelompok. Sekelompok serigala dipimpin seekor serigala jantan dan seekor serigala betina, yang merupakan pasangan yang beranak-pinak. Mereka berpasangan seumur hidup hingga salah satunya mati.
Anggota kelompok adalah serigala keturunan pasangan tersebut dan serigala muda yang dilahirkan pada tahun sebelumnya. Selain itu, ada beberapa ekor serigala dewasa yang kedudukannya lebih rendah. Satu kelompok terdiri atas 4 hingga 30 ekor serigala. Namun, ada juga serigala yang hidup menyendiri.
Grey Wolf


Makanan
Serigala merupakan hewan karnivora. Mereka memangsa ungulata (hewan berkuku), seperti rusa dan babi hutan. Saat makanan langka, mereka akan memakan hewan pengerat. Serigala kadang memakan bangkai. Sekali makan, serigala bisa menghabiskan 11 kilogram daging.
Dalam rantai makanan, serigala berada dipuncak. Serigala tidak memiliki musuh alami. Ancaman satu-satunya adalah manusia. Serigala membantu menjaga populasi sebuah ekosistem tetap terkendali dengan memangsa hewan-hewan yang lebih lemah.

Ancaman
Di Kanada dan Alaska, populasi Grey Wolf stabil. Namun, di sebagian besar wilayah Amerika Utara Grey Wolf terancam punah. Di Eropa, Asia, dan Afrika, populasi serigala yang tersisa tinggal sedikit. Populasi terbesar serigala di Eropa dan Asia dijumpai di Rusia, yang meliputi Taiga Siberia.
Saat ini wilayah hunian serigala telah berkurang hingga sepertiganya, terutama di wilayah seperti Eropa, Asia, Meksiko, dan Amerika Serikat. Serigala sering diracun dan diburu karena dianggap mengganggu ternak. Serigala juga diburu untuk diambil bulunya di Kanada, Alaska, dan negara-negara bekas Uni Soviet, serta Mongolia.
Grey Wolf pernah menghilang dari wilayah Amerika Serikat pada 1974. Kemudian, pada 1995, didatangkan 66 ekor serigala kelabu dari Kanada. Mereka dilepas di Idaho dan kawasan Taman Nasional Yellowstone. Jumlah mereka saat ini telah berlipat ganda. Sekitar 1.200 ekor serigala sekarang terdapat di Idaho, Montana, dan Wyoming. Namun, serigala dianggap para peternak di kawasan tersebut sebagai ancaman bagi ternak mereka.

Jenis Serigala yang Lain
Selain Grey Wolf, ada beberapa jenis serigala lainnya. Serigala merah masih bertahan hidup di Amerika Utara. Sebagian ilmuwan menganggap serigala merah sebagai spesies tersendiri, dengan nama ilmiah Canis rufus. Namun, ada juga yang menganggap serigala merah merupakan persilangan coyote dan serigala kelabu, dengan nama ilmiah Canis lupus rufus.

Red Wolf

Sementara itu, di Afrika terdapat jenis serigala yang lain, yakni serigala etiopia. Serigala etiopia (Canis simensis), saat ini terancam punah. Di alam liar jumlah mereka hanya sekitar 450 ekor.

Ethiopian Wolf

Siberian Husky

Nah.. Kalau Siberian Husky adalah jenis anjing ras yang sekilas mirip serigala, yang berasal dari Siberia. 

Siberian Husky

Aslinya ras ini merupakan hasil pengembangbiakkan dari masyarakat Chukchi di daerah Asia Timur Laut. Di daerah asalnya anjing ras ini digunakan sebagai anjing penarik kereta untuk membawa beban. Husky berasal dari kata "Esky" yang merupakan kependekan dari nama Eskimo, dan digunakan oleh penduduk setempat untuk menyebut anjing mereka. Tahun 1909, pertama kalinya sejumlah anjing ini dibawa ke Alaska untuk bertanding dalam pertandingan jarak jauh seluruh Alaska. Dan disanalah ketahanan tubuh dan kecepatan lari anjing dari Siberia ini mulai dikenal.


Pada musim dingin di Tahun 1925, ketika demam Diptheria melanda kota Nome, suatu daerah terpencil di Alaska, tim estafet anjing ini membawa serum penyelamat hidup manusia dari daerah Neana yang jaraknya cukup jauh. Usaha keras bersemangatkan kepahlawanan dari para pengendara dan anjingnya ini mendapatkan penghargaan nasional. Salah satu pengendara, Leonhard Seppala, membawa tim Siberian Huskynya, keturunan asli yang diimport dari Siberia, ke Amerika Serikat dalam perjalanan pertunjukan pribadinya. Ketika di Inggris, dia bertanding dalam pertandingan anjing penarik kereta dan sekali lagi membuktikan kekuatan dari Siberian Husky yang mengalahkan anjing-anjing lokal lainnya. Negara Inggris memberikan penghargaan pengakuan terhadap anjing ras ini pada Tahun 1930 dan Klub Siberian Husky didirikan di Amerika Tahun 1938.



Perawakan Siberian Husky tenang, gagah, berwibawa dan mirip serigala, namun bukanlah berarti mereka jenis anjing penjaga. Bahkan sebaliknya Siberian Husky merupakan jenis anjing ras yang memiliki sifat sangat menyenangkan dan merupakan jenis anjing yang tidak ganas dan bahkan terkesan terlalu baik dan manja terhadap manusia.Mereka sangat mesra, lembut dan memiliki watak yang bersahabat. Husky juga sangat ramah dan cepat akrab dengan siapa saja. Husky selalu menunjukkan ketidaktakutan terhadap orang asing dan akan menyambut tamu dengan ramah. 



Anjing jenis Siberian Husky merupakan anjing yang sangat cocok untuk dipelihara karena sangat mudah dan cocok dengan segala usia. Selain itu mereka merupakan jenis anjing yang bebas dari bau yang tidak enak serta parasit-parasit yang mengganggu. Mereka pun jenis anjing ukuran sedang yang hanya membutuhkan sejumlah makanan secukupnya sesuai dengan ukuran tubuhnya. Namun demikian disamping beberapa kelebihan diatas, perlu juga kita perhatikan beberapa sifat dasar dari Husky yang mungkin perlu menjadi bahan pertimbangan sebelum memeliharanya.
Siberian Husky with Sky

Jenis anjing ini adalah jenis anjing yang sangat aktif dan selalu membutuhkan kehadiran kawan, baik itu berupa anjing lain ataupun orang. Jika dibiarkan dalam keadaan sendiri dan tanpa teman, maka jangan kaget bila si Husky tidak mau berhenti menangis ataupun menggonggong. Jika anda adalah tipe orang yang super sibuk, dan tidak bias meluangkan waktu untuk bermain bersama anjing kesayangan anda, maka sudah jelas Husky bukanlah tipe anjing pilihan anda.


Beberapa orang mengatakan bahwa memelihara jenis anjing berbulu panjang di Indonesia sangatlah susah, apalagi Husky. Ya, sepanjang pengetahuan memang demikian adanya. Jadi bagi yang hendak memulai hobby untuk memelihara seekor anjing kesayangan, maka hal ini perlu diperhatikan. Beberapa catatan menunjukkan bahwa pada saat musim panas, di beberapa tempat di Indonesia, para pemelihara Husky cukup dibuat kewalahan dengan rontoknya bulu anjing tersebut dalam frekuensi yang sangat banyak. 


Siberian husky sendiri di beberapa milis pecinta anjing sering disebut sebagai “escape artist”.
Tahu kenapa????
Benar sekali.. karena mereka sering sekali kabur dari rumah (Hehehehe). 
Ini sebenarnya bukanlah masalah mau kabur atau tidak mau kabur. Jika kita perhatikan lebih jauh, jenis anjing Husky adalah jenis anjing yang dilahirkan dengan insting untuk berlari. Jika mereka mendapatkan keadaan dimana mereka merasa bebas, maka si Husky pun akan terus berlari... berlari... dan berlari mengikuti naluri alaminya. Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, mampukah si Husky pulang??? Jadi jangan sampai anda membiarkan Husky anda berada pada keadaan terlepas dari pengawasan atau tanpa pengaman.



Siberian Husky lucu banget...

Selain beberapa hal diatas, ada juga beberapa cerita yang mengatakan bahwa siberian husky adalah jenis anjing yang kurang patuh. Di negeri asalnya memang beberapa penelitian telah membuktikan kebenaran hal tersebut. Namun ada saja kasus dimana anjing ini juga memiliki kesetiaan yang tidak kalah baiknya dengan anjing sejenis Golden Ret. Namun jika benar-benar ingin mencari jenis anjing yang benar-benar bisa patuh kepada tuannya, maka Husky harus anda jauhkan dari pikiran anda.

Siberian Husky Gendud Lucu banget


Satu lagi yang perlu kita perhatikan adalah, walaupun Siberian Husky hadir dengan perawakan yang ganas, garang dan sekilas mirip serigala, anjing ini bukanlah jenis anjing penjaga. Nalurinya yang bersahabat dan ramah terhadap siapa saja menjadikan Husky sebagai salah satu anjing yang mampu menyambut tamu dengan bersahabat. Jadi Jangan menoleh pada Siberian Husky jika memang Anjing penjagalah yang  dicari.


Kesimpulannya, anjing Siberian Husky merupakan anjing yang sangat mudah untuk dipelihara dan cocok buat siapa saja, namun dengan beberapa pertimbangan dan perhatian yang ekstra tentunya.


hehhee... 
mau Serigala ato Siberian Husky, tetep suka dua-duanya.. (n_n)
LOVE WOLF.. 




*dikutip dari berbagai sumber

20 comments:

  1. baguss..
    aq juga suka serigala...
    emangnya ada apa yang jual serigala???
    kalo ada dimana..!
    thank's...infox...
    good job!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gada yang jual serigala..
      dilindungi pemerintah di luar negeri sana..hehe...
      adanya yang jual Siberian Husky skitar 2.5 juta an yang umur 5 Bulan... :)

      Delete
    2. Ih kaya.y galak bgt srigala ga cck bwt d.plihara..klu anjing pnjga cck..liat dr cerita d.atad

      Delete
  2. harganya di Indonesia Berapa yahh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo siberian husky umur 5 bulan skitar 2.5 juta.. :)

      Delete
    2. Tergantung line induk dan pejantannya. klo line nya ok bisa 5-10 jt. klo line biasa aja 3-3.5 jt. mau berapapun usianya harga nya sama aja. yg diliat stambomnya (sertifikat kelahiran) bukan usianya.

      Delete
  3. gan apakah di alam liar anjing siberian husky ini juga ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di alam liar adanya serigala..
      kalo siberian husky biasanya jadi hewan peliharaan, mungkin di alam juga ada...

      Delete
  4. Pengen punya seh, cuma cocok gak ya dipelihara di Indonesia, terutama di daerah Puncak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru cocok banget.. Husky nyaman di daerah yang cukup dingin..
      kalau dijakarta, siberian husky harus ditempat ac, hehe... :)

      Delete
    2. Punyanya husky jantan gede doang

      Delete
  5. aku mau meliara anak ayam aja deh...klo dah gede enak bisa di goyeng

    ReplyDelete
  6. Min jd gimana ngebedain perawakan.y secara yg terlihat antara srigala n husky..

    ReplyDelete
  7. Suka dua duanya. Wolf atau husky sama sama keren

    ReplyDelete
  8. Klo untuk jaga rumah mending jerman sepherd atau pitbull,tp klo body bagus jerman sepherd

    ReplyDelete
  9. saya punya husky betina betina namanya nancy.. 4 hari lu udah dikawinin sama anjing jantan saya yg namanya siban... gak sabar liat anaknya seperti apa 2 bulan lagi.. akhirnya anak siban berdarah serigala..

    ReplyDelete
  10. Di mana bisa beli husky yg bagus info

    ReplyDelete
  11. Aq sedang merencanakan untuk merawat seekor anjing Siberian Husky...di rumah sudah ada anjing perankan golden...biar bisa jadi teman bermain

    ReplyDelete

 

Quotes

"Let us not become weary in doing good, for at the proper time we will reap a harvest if we DO NOT GIVE UP." - Galatians 6:9. "The fruit of the Holy Spirit is love, joy, peace, patience, kindness, goodness, faithfulness, Gentleness, self-control." - Galatians 5:22.

Holy Word

And after you have suffered a little while, the God of all grace, Who has called you to His eternal glory in Christ Jesus, will Himself complete and make you what you ought to be, establish and ground you securely, and strengthen, and settle you.
Daisypath Anniversary tickers