Human Character - DISC

Aku sangat senang mempelajari bagaimana untuk bisa mengenal dan mengerti karakter banyak orang. Ilmu Psychology, satu dari sekian banyak hal yang kusuka.Hmm.. Aku mendapatkan pengetahuan ini dari kantorku, kebetulan ada Project yang berhubungan dengan ilmu Pschology yaitu tentang DISC.
Okeh, sebelum bahas tentang DISC, kita harus tau pendahuluannya, hehe..

Pendahuluan, hehe...

Ketika kita baru ketemu dengan seseorang untuk pertama kalinya, yang baru diperlihatkan hanyalah 5% orang tersebut dari 100% dari sifat aslinya. Ya  Ibarat seperti gunung es, untuk bisa mengenal seseorang, membutuhkan waktu dan interaksi yang intens dengan orang tersebut. Ga bisa seseorang bisa langsung mengenal orang lain tanpa proses dan waktu, ya kcuali kalo dia cenayang, hehe..



Gunung Es Karakter


Penjelasannya  adalah:

  • Personality yang menggambarkan temperamen seseorang ketika ada di depan umum atau lingkungannya, ketika baru mengenal seseorang pertama kali, yah inilah yang diperlihatkan ke kita, hanya 5% dirinya
  • Karakter menggambarkan temperamen yang muncul ketika seseorang itu ditekan atau sedang ditinggikan (promosi, sukses)
  • Temperamen menggambarkan temperamen asli yang ada di dalam diri (bawaan dari lahir), ini sifat dasar dan ga bisa diubah 
Nah kalo untuk karakter dan tempramen, inilah yang akan diketahui ketika sudah cukup lama dan cukup dekat dengan orang tersebut, baru deh kita tau aslinya dia tuh kyak apa.


Lanjut ke ISI, hehe...

DISC

Haha, gini, setiap orang punya ke empat karakter sifat DISC
Dominance (Koleris)
Influence (Sanguinis)
Steadiness (Plegmatis)
Compliance (Melankolis)

Dan biasanya setiap orang hanya 2 saja yang dominan, tetapi ketika sudah bisa mengenal diri sendiri dan bisa menempatkan diri dengan tepat, ke-empat karakter itu bisa kita kuasai.

hmm...
Sekarang kita belajar tentang sifat masing-masing dari sifat itu, sehingga kita bisa mengetahui mana saja sifat yang dominan dari kita dan mana sifat yang kurang dari kita. Kita juga jadi bsa mengenal orang lain
"Knowing others is Intelligence; Knowing yourself is True Wisdom. Mastering other is Strength; Mastering yourself is True Power"

Dominance/Koleris/Si Merah


D – Measures how quickly you decide and how forceful you are.  Words describing where your "D" was positioned are:WEIGHS PROS & CONS          Consider both sides of an issueUNOBTRUSIVE                        Doesn't force oneself upon others without an invitationCONSERVATIVE                      Tending to preserve established traditionsPEACEFUL                              Not quarrelsome; free from disorder; calm and quietI – Measures how talkative, persuasive, and interactive you normally are.  Words that describe where your "I" was positioned are:SELF-PROMOTING                  Ability to advance oneself in popularityTRUSTING                               Firm belief in honesty, integrity, faithINFLUENTIAL                           Having great influence; powerful; effectiveAFFABLE                                 Easy to approach and talk to; pleasant and politeSOCIABLE                               Enjoying the company of others; friendly; agreeable; informalS – Measures desire to stay with the tried, tested and true and work in a peaceful team environment.   Words describing where your "S" was positioned are:SERENE                                  Undisturbed; calm; tranquil; quietPOSSESSIVE                           Feeling of ownership; desire for possessionsINACTIVE                                Not inclined to act; idle; dull; inertRELAXED                                Made looser, or less firm and tenseC – Measures the need for gathering facts and details vs. flying by the "seat of your pants".  Words describing where your "C" was positioned are:PERFECTIONIST                     One who strives for completeness and flawless accuracyACCURATE                             Careful and exact; free from errorsFACT-FINDER                          A searcher for truth; realityDIPLOMATIC                            TactfulSYSTEMATIC                           According to a system; orderly











0 comments:

Post a Comment

 

Quotes

"Let us not become weary in doing good, for at the proper time we will reap a harvest if we DO NOT GIVE UP." - Galatians 6:9. "The fruit of the Holy Spirit is love, joy, peace, patience, kindness, goodness, faithfulness, Gentleness, self-control." - Galatians 5:22.

Holy Word

And after you have suffered a little while, the God of all grace, Who has called you to His eternal glory in Christ Jesus, will Himself complete and make you what you ought to be, establish and ground you securely, and strengthen, and settle you.
Daisypath Anniversary tickers